Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

Minggu, 08 April 2012

islam adalah lentera kehidupan

Islam adalah Lentera Kehidupan
Islam adalah aturan yang diturunkan oleh Allah SWT kpd nabi Muhammad SAW untuk mengatur hubungan antara diri sendiri, sesama manusia, alam,dan tuhannya.
Contohnya : a) hubungan dengan diri sendiri, spt: mandi, makan, minum, dll.
b) hubungan dengan sesama manusia, spt: menjalin silaturrahim,menjenguk teman yg sakit, gotong royong, dll.
c) hubungan dengan alam, spt: merawat tanaman, tidak membuang sampah sembarangan, melakukan reboisasi, dll.
d) hubungan dengan tuhannya, spt: berpuasa, menjalankan sholat 5 waktu,membayar zakat, dll.
Hal-hal yang diatur didalam islam :
1. Pergaulan 4. Hudud
2. Perekonomian 5. Batasan Aurat
3. Muamalah 6. Ketatanegaraan
Dari beberapa contoh diatas, saya ingin membahas sedikit tentang batasan aurat wanita. Menurut pandangan masyarakat, seorang perempuan yg memakai jilbab hanya dilakukan pada saat-saat tertentu saja,spt: ketika ingin menghadiri acara pengajian, pergi kerumah khiai/ pergi kepondokan,pergi ke sekolah, dll. Padahal didalam Al- qur’an telah dijelaskan bahwa aurat seorang wanita adalah seluruh anggota tubuh kecuali, muka dan telapak tangan. jadi seorang perempuan diwajibkan utk menutup auratnya (memakai jilbab) spt, yg telah dijelaskan didalam al- qur’an (Qs. An-nur : 31 dan Qs. Al-ahzab : 59).
Dari penjelasan diatas,telah dipilih sebuah judul yaitu “ islam adalah lentera kehidupan” maksudnya, selain mengatur hubungan manusia, islam juga menganjurkan kita untuk selalu taat, tunduk, berserah diri, selamat dan damai.
Hal inilah yang menyebabkan islam berbeda dengan agama yang lain, apa yang telah diatur oleh islam belum tentu agama lain juga mengaturnya, spt :
1. Berpacaran, islam melarang perbuatan tersebut tetapi didalam agama lain hal itu diperbolehkan.
2. Menutup aurat, islam menyuruh kita(wanita) untuk menutup aurat (memakai jilbab), tetapi agama lain tidak menganjurkan hal tsb.
3. Pergaulan, islam melararang kita untuk berholwat(laki-laki dan perempuan), tetapi agama lain malah membiarkannya dan menganggap hal itu biasa saja.

0 komentar:

Posting Komentar